-->
Home » » 7 Syarat Membuat Surat Lamaran Kerja

7 Syarat Membuat Surat Lamaran Kerja

Written on Rabu, 10 Juni 2015 | 01.59

7 Syarat Membuat Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar
Berbicara tentang surat lamaran kerja tentu saja Anda sudah pernah membuat beberapa kali ketika Anda masih dalam posisi belum mempunyai pekerjaan. Disini perlu Anda simak, apabila Anda merasa sangat memerlukan pekerjaan, alangkah baiknya semua persiapan dan persyaratan dikemas dengan baik. Salah satunya yaitu dari pembuatan surat lamaran kerja. 

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa surat lamaran merupakan surat permohonan seseorang untuk bekerja. Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar bukanlah faktor utama yang mampu menjamin Anda bisa diterima bekerja di perusahaan tetapi ini juga merupakan salah satu bukti keseriusan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Disamping standar baku penulisan, Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui supaya surat lamaran kerja bisa lebih menarik dan tidak diabaikan HR. Supaya lebih mudah Anda dalam memahaminya, silakan baca baik-baik syarat penting dalam Surat Lamaran Kerja berikut ini :

1. Impresif

Tampilkan jati diri kita secara menarik. Di dalam isi surat lamaran sebaiknya memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Untuk Menarik minat HRD, kesan pertama sangatlah penting. Usahakan dalam menyusun surat ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria Anda

2. Mencantumkan kualifikasi yang diraih

Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus Anda tampilkan, untuk menunjukkan bahwa Anda mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.

3. Bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat

Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas namun tidak mengurangi informasi tentang Anda. Ketika mendapat panggilan, disana Anda mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam interview. Dalam surat lamaran, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.

4. Kalimat yang efektif

Hindari kalimat yang tidak efektif, pemborosan kalimat, ejaan yang salah, penggunaan tata bahasa yang kekinian (bahasa pergaulan). 

5. Penggunaan Bahasa

Jika Anda masih melamar di negara tercinta ini yaitu Indonesia hindarilah penggunaan bahasa Inggris terutama jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik kecuali diminta dan dicantumkan dalam persyaratan. Apabila bahasa Inggris Anda bagus, boleh saja membuat surat lamaran dalam bahasa Inggris, yang tentu saja itu bisa menjadi nilai tambah.

6. Kerapihan

Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapih, tidak mudah kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tip-ex.

7. Tulisan tangan atau komputer

Tulisan tangan atau komputer sampai saat ini tidak ada yang mengharamkan salah satunya. Karena ada HRD yang lebih senang melihat tulisan tangan karena mereka bisa memahami sekilas tentang karakter Anda dalam tulisan itu. Ada juga yang senang tulisan komputer. Untuk Anda yang pemula Lebih baik menggunakan komputer supaya terlihat rapi dan berkesan bahwa Anda memiliki kemampuan di bidang komputer. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk memberi kesan formal dalam Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar.

Demikian tips yang bisa kami sampaikan, dan masih banyak lagi tips yang lainnya di halaman yang lain. Semoga Anda menjadi calon karyawan yang bisa memaksimalkan di setiap kesempatan dan tentunya menjadi karyawan yang profesional. Terima kasih “Salam Sukses!!”
Share this article :

UNDANGAN UNIK MURAH

UNDANGAN UNIK MURAH
Bosen undangan yang gitu-gitu aja?

JUAL BUSANA MUSLIM

JUAL BUSANA MUSLIM
KOKO, MUKENA DAN LAIN-LAIN
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Sekolah Komunikasi Miracle | Sukses Berbicara
Copyright © 2015. Lowongan Kerja Priangan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template