Karyawan yang baik adalah karyawan yang diharapkan oleh setiap perusahaan. Menjadi karyawan yang baik juga merupakan kewajiban setiap orang yang dipekerjakan oleh perusahaan maupun perseorangan. Kewajiban karyawan adalah bekerja dengan baik dan kewajiban perusahaan / orang yang memberi pekerjaan adalah memberikan gaji atau upah beserta tunjangan. Semakin tinggi tanggung jawab yang dilimpahkan perusahaan kepada Anda, maka seharusnya semakin tinggi pula penghasilan yang diperoleh seorang karyawan.
Dengan menjadi karyawan yang baik dan tentunya disertai dengan hasil pekerjaan yang bagus dan berlangsung terus menerus maka perusahaan akan bangga serta mungkin akan diberikan suatu penghargaan baik secara materi maupun non materi (berupa kepercayaan penuh / kenaikan jabatan). Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadi karyawan yang baik:
1. Disiplin
Datang tepat waktu, pulang tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, mengikuti aturan perusahaan yang berlaku, dan lain sebagainya. Jangan Anda bersikap seenaknya seolah-olah perusahaan tersebut milik mbah mu, meskipun itu milik mbah mu kalau status Anda disana sebagai karyawan maka Anda harus disiplin layaknya karyawan lain.
2. Hasil Kerja Yang Baik
Berikanlah perusahaan hasil pekerjaan dengan kualitas yang baik dan Jangan asal beres.
3. Bisa Bekerja Sama Dengan Karyawan Lain
Seorang karyawan yang baik harus bisa bekerja sama baik dalam tim kerja ataupun diluar tim kerja. Boleh bersaing asal jangan menghiraukan peran kerja sama.
4. Berkontribusi Yang Positif dan Lebih
Anda Jangan terpaku dengan target dan cara kerja yang sudah ada. Banyak-banyak lah imajinasi dan berinovasi, keluarkan kreativitas yang ada dalam diri. Temukan sesuatu yang luar biasa yang bisa menyebabkan pemimpin perusahaan / atasan terkesan dengan hasil yang telah kita dapatkan.
5. Menjadi Contoh Bagi Pegawai Lain
Jadilah orang yang baik, berakhlak mulia, pekerja yang handal, berguna bagi sesama, memiliki keluarga yang harmonis, soleh, dan lain-lain.
6. Loyal Kepada Perusahaan
Tunjukkan loyalitas terhadap perusahaan dimana Anda bekerja. Jangan mudah teriming-iming oleh penghasilan yang lebih besar diluar sana. Loyal bukan berarti tidak mengembangkan diri. Justru dengan loyalitas, perusahaan akan mengembangkan diri Anda.
7. Bersikap Baik Kepada Atasan
Atasan merupakan orang yang harus dihormati dan dihargai. Apabila ada kekurangan yang terlihat di dalam diri atasan, isilah supaya bisa tertutupi sehingga dapat menjadi satu kesatuan yang solid serta mengisi antara atasan dan bawahan.
8. Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan YME
Serahkan semua urusan kepada Allah SWT. Tujuan hidup kita hanyalah beribadah kepadaNya demi keridhoanNya. Jangan tergiur oleh harta dan jabatan. Jadikan harta dan jabatan sebagai jembatan untuk beribadah kepadaNya. Gunakan pedomanNya dan ingat kita bekerja di dunia semata-mata untuk bekal dan menjadi jalan ke akhirat.
9. Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien Kerja
Jaga baik-baik hubungan dengan konsumen ataupun mitra yang menjadi rekan kerja perusahaan. Konsumen adalah raja yang harus kita jaga kepercayaannya kepada kita. Sedangkan mitra adalah sosok yang mendongkrak perusahaan dimana tempata Anda bekerja. Berikan yang terbaik kepada mereka semampu kita.
10. Ciptakan Suasana Kerja Yang Menyenangkan
Ciptakan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan bagi semua orang yang berada di lingkungan kerja, mulai dari sesama karyawan, pimpinan, petugas kebersihan, tukang parkir, orang kantin, dan lain-lain.
Apabila anda tidak menyukai perusahaan tempat anda berkerja, maka janganlah Anda membencinya dan berusaha menghancurkannya dengan cara anda sendiri.
Demikian tips yang bisa kami sampaikan, dan masih banyak lagi tips yang lainnya di halaman yang lain. Semoga Anda menjadi calon karyawan yang bisa memaksimalkan di setiap kesempatan dan tentunya menjadi karyawan yang profesional. Terima kasih “Salam Sukses!!”